Apa itu Digital Campaign?????

Mau Langsing dan Sehat Tanpa Olahraga dan Lapar?
Klik Gambar dibawah ini! Cukup 20 hari saja.
yang mau diet

Kalau Anda simak terminologi Digital Campaign, atau kalau saja Anda coba cari keywords “Digital Campaign” atau Digital Campaign tanpa tanda petik di Google, Anda akan terkejut ternyata yang nongol adalah tentang Bubuawards Event dan situs Bubuawards.com.

Bubuawards merupakan ajang kompetisi web yang diselenggerakan sejak awal tahun 2000-an. Kali ini temanya menyangkut Digital Campaign. Tema ini sebenarnya bukan dipilih karena sekarang lagi musim kampanye, bahkan bukan karena sekedar kampanye-kampanye digital yang legendaris telah terjadi ketika Barack Obama menggunakan Facebook dan memperkenalkan dirinya sebagai calon Presiden AS dan ternyata berhasil menang. Juga bukan karena Facebook nya Prabowo , SBY, atau capres dan wapres Indonesia sangat rame. Tapi tema ini dipilih karena proses yang evolusioner saja dan timingnya tepat saat ini setelah tema demi tema perlombaan Bubuawards dilakukan.


Digital Campaign kalau diterjemahkan bulet-bulet ke dalam bahasa Indonesia adalah Kampanye Dijital. Kalau Anda cari di Internet “Digital Campaign definition” ternyata terminologi ini termasuk belum didefinisikan dengan jelas dan hanya muncul di situs-situs spesifik. Satu situs yang menguraikan Digital dalam konteks komunikasi nampaknya juga belum menyinggung pengertian Digital Campaign secara definitif meskipun contohnya jelas-jelas berhubungan dengan kampanye. Misalnya blog Pagoesdigital di Wordpress.com hanya menyinggung pengertian Digital yang sering digunakan di bisnis Public Relation dan Public Affair. Menurut Fleishman-Hillards yang dikutip Pagoes, pengertian “digital” erat kaitannya dengan komunikasi dijital atau “Digital Communications (noun)”. Fleishman mendefinisikan :

Digital Communications (n.) Myriad of outbound communications tactics that leverage digital technology to deliver messages: e-mail, video, text messaging, online advertising, paid search, optimized press releases, podcasts, vodcasts, etc.


Mungkin definisi diatas sangat mirip dengan maksud Digital Campaign. Tapi kalau kita pelototi terus maka nampak pengertian DC tersebut masih bersifat umum. Disini pengertian “messages” sangat luas dan belum dibungkus dengan suatu konteks yang khas dari pesan itu sendiri. Misalnya pesan apa yang dikomunikasikan dan apa tujuan pesan tersebut? Karena pesan menyangkut niatan manusia, maka barangkali perlu juga lebih definitif menjelaskan pesan yang bagaimana dan tujuannya apa? Apakah semua pesan dijital disebut suatu kampanye? Atau hanya pesan yang secara sistematis di desain untuk tujuan tertentu saja disebut kampanye itu.


Mari kita sejenak mengenang kembali bagaimana kampanye Barack Obama dengan pesan “Change”, atau biar gak jauh-jauh, kita lihat sekarang bagaimana calon Presiden dan Wakil Presiden NKRI memperkenalkan dirinya sebagai sosok yang pantas menjadi Presiden maupun Wakil Presiden. Dengan berbagai cara dan gaya, serta media (yg notabene umumnya sudah dijital) yang dijadikan sebagai medium penyampaian pesan2nya yang sudah dibungkus dengan fokus tertentu, maka nampak pesan-pesan yang disampaikan lebih memberikan sentuhan dan sasaran. Terlepas apakah pesan itu hanya sekedar jargon pemasaran atau beneran suatu cita-cita yang akan diperjuangkan, namun pesan yang telah dibungkus dan dipoles itu nampaknya memberikan pengaruh nyata ketimbang sekedar pesan yang tanpa isi. Pesan serta bungkusnya kemudian melayang di depan TV, Radio, Internet maupun media tradisional yang masih bergantung pada teknologi percetakan yang sekarang menuju “dijitalisasi”. Semua itu adalah bagian dari suatu upaya manusia, proses dan teknologi yang digunakannya untuk menyampaikan pesan tertentu yang lebih terfokus yang kita sebut “kampanye” dimana penekanan pada kata “dijital” menjadi “faktor pemungkin” untuk menghasilkan dampak yang lebih dahsyat ketimbang misalnya sekedar membuat baliho dan pamflet yang merusak pemandangan di jalanan lalu ditulisi “Satrio Bintitan Utusan Tuhan - Pilihlah Saya”.


Digital Campaign merupakan satu fase saja bagaimana “kita membuat dunia” atau “Human Made World” sebagai panggung yang lebih memberikan harapan hidup lebih baik. Jadi, dalam banyak hal ke depan kita memang mau tak mau, sadar dan tak sadar mesti akan melakukan Digital Campaign secara lebih signifikan. Jadi, dijitalisasi bukan sebagai sekedar munculnya media curhat semata atau bukan sebagai media alternatif, tapi media yang telah mengalami fase konvensionalisasi setelah dipandang sebagai media tidak konvensional. Nah siapa yang mau cepat-cepat menggunakan sinergi people, technology dan process sebagai perangkat pemungkin untuk mencapai tujuan yang tadinya muskil…..Hayo ikutan Bubuawards.com untuk menjajal kemampuan Anda di abad dijital ini.

Click For Save This Article !

0 Response to "Apa itu Digital Campaign????? "

Posting Komentar

wdcfawqafwef